Skip to content

Teknologi WSN untuk mendeteksi kebakaran hutan

Beberapa hari ini, saya melihat dan mendengar dari berbagai sumber media, baik itu media pers maupun sosial media yang memberitakan tentang kebakaran hutan di Indonesia; khususnya di Kalimantan dan Sumatera. Memang sangat disayangkan atas kejadian kebakaran atau “pembakaran” hutan ini. Diperlukan kesadaran akan perlunya menjaga lingkungan hidup, alam sekitar, terutama hutan sebagai jantungnya keberlangsungan ekosistem di dunia yang kita tempati ini. Tapi saya tidak akan membahas apa penyebab dan akibat dari kebakaran hutan tersebut. Ini masalah yang sangat pelik, karena masalah ini sangat beririsan dengan kebijakan pemerintah, politik, ekonomi, pendidikan, mental, budaya dan teknologi.
Nah pada tulisan blog saya kali ini, saya akan coba membahas dari sisi teknologi. Kira-kira teknologi apa yang bisa diterapkan untuk membantu atau mencegah terjadinya kebakaran hutan. Kebetulan topik ini menjadi salah satu aspek yang saya bahas ketika saya melanjutkan studi S3 Doktoral. Kebetulan (lagi) saya memiliki kesempatan studinya di luar negeri atas beasiswa pemerintah Indonesia. Kebetulan (sekali lagi) saya berada di kota yang cantik dengan di kelilingi kebun anggur terluas dan terpanjang di Perancis. Dan secara geografis, kebun-kebun anggur ini juga memiliki peluang kebakaran juga.
 

Gambaran salah satu penerapan teknologi WSN untuk monitor kebakaran hutan/kebun.

(Sumber: https://research.ece.ncsu.edu/wireless/wsn.html)

 
Wireless Sensor Network (WSN), dalam bahasa Indonesia disebut jaringan sensor nirkabel, adalah salah satu teknologi yang melibatkan sejumlah sensor untuk pemantauan suatu lokasi dengan memanfaatkan teknologi nirkabel yang relatif tidak terlalu mahal. Dalam hal ini, sensor yang akan digunakan adalah sensor panas atau flame sensor.
Saat ini banyak tersedia beberapa tipe sensor. Kalau ga mau pusing yang tinggal beli lalu instal. Tapi pada kenyataannya tidak semudah itu. Coba saja Anda bayangkan. Seandainya Anda ada proyek untuk memonitor 10 hektar kebun anggur atau hutan, (*mudah-mudahan dapat proyek beneran….).  Pertanyaan yang mungkin muncul adalah sebagai berikut:

  1. Berapa jumlah sensor yang diperlukan?
  2. Diletakan dimana sensor-sensor tersebut?
  3. Apakah semua kebun terpantau oleh sensor (coverage)?
  4. Berapa  biaya (cost) yang diperlukan?
  5. Bagaimana dengan infrastruktur jaringan?
  6. Bagaimana dengan konektifitas jaringan?
  7. Bagaimana arsitektur aplikasinya?

Yang mau komentar, kasih masukan & saran silahkan.
Bersambung…..
Colmar, 17/09/2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *