Home Music Studio

Liburan musim semi kemarin, saya mencoba membuat home music studio di rumah dengan memanfaatkan PC. Kebetulan di rumah ada beberapa peralatan musik seperti gitar, piano, launchpad dan drum. Karena saya mempunyai hobi musik, walaupun tidak profesional, sekedar untuk menghibur diri dan mengekspresikan mood. Mimpi punya real studio music belum terwujud… 🙂 Maka home music studio adalah solusi alternatif  low cost yang dapat saya buat. Dengan berbekal sedikit effort dan skill ngoprek-ngoprek di mesin Linux, PC di rumah bisa disulap menjadi home music studio.

Saya instal beberapa aplikasi pada mesin Linux saya yang dapat merekam audio dari instrumen musik atau midi dan juga aplikasi untuk memodifikasi atau mengelola data audio/video. Untuk guitar effect saya menggunakan ‘Guitarix‘ dan ‘Rakarrack‘. Sedangkan untuk merekam audio dari alat musik, saya menggunakan ‘Audacity‘ dan ‘Ardour‘. Dan untuk memodifkasi audio/video saya instal beberapa aplikasi seperti ‘Handbrake‘, ‘Openshot‘, ‘Simple Screen Recorder‘.
Ini adalah hasil percobaan saya.
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=4je6WICrOgA]
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=zkq-yQ26T5c]
NB: 
Dikarenakan belum punya kamera dengan kualitas bagus untuk merekam video, maka video diambil dari visualisasi  audio player.
Setahun yang lalu pernah merekam menggunakan Handphone. Tapi hasilnya kurang bagus seperti video di bawah ini. Maklum amatir. 🙂 :p
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=eqNFIkS4f1U&w=560&h=315]

Leave a Reply

Your email address will not be published.