Skip to content

Perjalanan ke Prancis #2

Perjalanan kali ini adalah perjalanan saya ke negara Prancis untuk yang kedua kalinya.  Adapun perjalanan yang pertama saya ke Prancis tidak sempat menulisnya, maklum sibuk. 😉  Tapi ini ada sedikit laporan dari perjalanan pertama saya dahulu. Dan Insya’Allah mulai 5 Juni 2012 hingga ……. saya akan menempuh studi PhD atau S3 di Universite Haute Alsace di sebuah kota kecil yang bernama Colmar, disebelah timur Prancis.

Saya berangkat dari rumah jam 21.30 WIB dari Ciledug menuju ke bandara Soekarno-Hatta dengan dihantarkan oleh istri, anak pertama kami (Zeta) dan kakak ipar. Setelah berpamitan dengan anak-anakku yang telah lelap tertidur, maka mobilpun saya gas berangkat menuju ke Bandara. Sampai di bandara sekitar pukul 22.30 WIB.

Didalam pesawat Emirates yang menggunakan produksi Boeing 777 telah menggunakan teknologi canggih. Pelayanannya pun luar biasa. Bahkan di setiap kursi penumpang telah dilengkapi peralatan multimedia yang berisikan informasi, komunikasi, dan hiburan (ICE = Information, Communication, Entertainment).

(sumber gambar = http://www.luxuo.fr/gadget/emirates-plus-grand-ecran-individuel-du-monde.html)

Kita dapat menonton ratusan film, bahkan film-film terbaru, mendengarkan musik atau radio, dan melihat informasi terbaru tentang penerbangan. Karena pesawat ini telah dilengkapi dengan kamera dan GPS yang informasinya dapat diakses oleh penumpang melalui monitor layar sentuh (touch screen).

Menu makanan juga tergolong halal dan enak. Coba saja lihat.

(sumber gambar : http://www.airplanefood.net/images/airline-meals/emirates/ek24.jpg/view)

(sumber gambar : http://www.23hq.com/dhania/photo/2087724)

Perjalanan dari bandara Soe-ta dimulai jam 00:40 WIB. Dan pada perjalanan ini, kita akan transit di Dubai, setelah itu baru terbang kembali menuju Paris. Jarak yang akan ditempuh antara Jakarta – Dubai (CGK – DXB) adakah sekitar 6543 KM, dan selanjutnya Dubai – Paris (DXB – CDG) sekitar 5535 KM. Jadi total jarak Jakarta – Paris (CGK – CDG) sekitar 12.000 KM tergantung rute pesawat yang akan dilalui.

Sampai di Dubai airport (DXB) jam 05:30. Dan kita ‘dipaksa’ utk menunggu selama 3 jam didalam Dubai airport. Tapi karena Dubai Airport telah menyediakan sarana yang wah (bagi orang borjuis) mungkin 3 jam tidak terasa untuk membelanjakan uangnya disana. Karena di Dubai airport tidak memberlakukan pajak utk barang dagangan mereka.

Dan sampai di Paris airport – Charles De Gaulle (CDG) di terminal 2C tepat waktu jam 13:30 sesuai jadwal. Dari terminal 2C, saya menuju lantai bawah untuk membeli tiket kereta TGV dengan tujuan kota Colmar. Karena kota Colmar berada sekitar 500 KM sebelah timur kota Paris. Untuk mencapai Colmar, saya disarankan oleh petugas untuk terlebih dahulu naik Metro RER-B menuju ke Gare du Nord, lalu pindah ke Gare de l’Est. Baru dari Gare de l’Est saya naik kereta TGV dengan menempuh waktu 3 jam, jam 16:55 – 19:55 waktu Paris.

Ini gambar TGV-nya.

Dan ini gambar penampakan di dalam TGV… ^_^

1 thought on “Perjalanan ke Prancis #2”

1. Blognya sungguh inspiring pak. Memotivasi saya utk bisa mengejar impian melanjutkan studi. Best of luck always, pak. 🙂