Kunci kombinasi sukses study – Part #1

Jika Anda, saat sedang membaca tulisan saya ini, masih berstatus sebagai siswa/pelajar atau mahasiswa, (*sama seperti saya 😀), maka saya yakin Anda adalah seseorang yang memiliki visi menjadi sukses, baik dalam study, karier dan kehidupan.

Banyak jalan menuju Roma“, begitu kata pepatah yang sering kita dengar di Indonesia. Yang orang banyak artikan peribahasa tersebut kurang lebih ‘banyak jalan menuju kesuksesan’. Banyak cara mencapai puncak kesuksesan. Lalu jalan yang mana yang akan Anda tempuh? Cara apa yang akan Anda jalankan? Atau jangan-jangan Anda ga punya caranya sama sekali. Atau mungkin Anda ga tau dimana “Roma” alias ‘tujuan’. Ga tau Goals. Ga tau Target. Ga tau arah. Analoginya seperti Anda berjalan tapi ga tau tempat tujuannya. Mengendarai motor atau mobil tapi ga ada tempat yang dituju. Nah, coba Anda bayangkan apa yang akan terjadi berikutnya. *Saya beri waktu 1 menit untuk membayangkan 😀

Pertanyaannya sekarang, apakah Anda berada pada state seperti di atas? Saya berharap Anda sudah mencapai “Roma”. TAPI, jika ada diantara teman-teman di sekitar kita yang masih berada pada keadaan atau state yang saya gambarkan di atas, maka Anda memerlukan Kunci Kombinasi yang akan saya sampaikan di blog saya ini. JADI, jangan simak sampai selesai yah…. 😀

OK, lalu kenapa saya menggunakan kata ‘kunci kombinasi’ ? Yah, karena tuntunan kunci-kunci ini mungkin saja cocok buat saya atau seseorang, tapi mungkin tidak cocok bagi Anda atau orang lain. Oleh karena itu, diperlukan kombinasi antara kunci-kunci tersebut. Jadi sifatnya kunci-kunci ini adalah tidak mutlak. Faham maksud saya…? 😀 *Kalau kurang faham, silahkan tulis pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah.

Mengutip dari buku berjudul “7 Secrets to Success: A Story of Hope” oleh Richard Webster:

  1. Yesterday no longer exists. Live in the moment (Kemarin sudah tidak ada. Hiduplah di saat ini)
  2. Hug the trees, hug the life. (Peluklah pohon, peluklah kehidupan)
  3. Set specific personal goals. (Tetapkan tujuan pribadi yang spesifik)
  4. There are opportunities everywhere. (Ada peluang dimana-mana)
  5. Be persistent! (Bersikap Gigihlah !)
  6. Believe in yourself ! (Percaya pada dirimu sendiri !)
  7. Help others. Forgive others and forgive yourself! (Bantu orang lain. Maafkan orang lain dan maafkan dirimu sendiri !)

Saya sangat menyarankan Anda membaca buku ini. Buku ini sangat direkomendasikan banget bagi setiap personal yang ingin sukses di segala aspek kehidupan.

Nah, saya yakin, sekarang kita semua sudah mengetahui ketujuh kunci yang telah disimpulkan dari buku itu.

TAPI KENAPA KITA BELUM JUGA SUKSES ???!!! 🤖

Jawabannya ada di dalam diri kita sendiri! Ga perlu mencari jauh-jauh untuk jawaban pertanyaan itu. Ga perlu mencari keluar. Sudahkan kita menemukan jawabannya? Kalau belum, mari kita belajar melihat dan mencari jawaban itu ke dalam diri sendiri. Ini sangat penting sebelum kita menggunakan kunci-kunci sukses di atas.

Analoginya bisa diumpamakan seperti berikut. Misalkan Anda adalah seorang pemain bola. Tentunya Anda memiliki banyak ‘kunci’ untuk menjadi seorang pemain bola handal, bukan?. 7 Kunci di atas yang telah disebutkan, perlu kita aplikasikan. Bagi seorang pemain bola, dari ke-7 kunci tersebut, kunci No. 3 – menetapkan tujuan pribadi – adalah yang paling menentukan kesuksesan pemain bola dan team kesebelesannya dalam sebuah pertandingan. Disini jelas, tujuannya ada mencetak Gol ke gawang lawan. Gawangnya pun jelas terlihat. Letaknya kelihatan. Batasan dan tiang gawangnya jelas terlihat dan terjangkau. Dan semuanya itu feasible oleh pikiran sadar serta pikiran bawah sadar juga. *Lah, koq bawa-bawa pikiran? Yah, memang, pikiran kita ini sungguh sangat luar biasa. Nanti saya akan berbagi tentang ilmu pikiran kepada Anda pada artikel berikutnya. Penasaran? Siapa yang penasaran? Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah. 😀

OK, sekarang kembali kita bayangkan seorang pemain bola dengan team kesebelasannya bertanding di lapangan ‘kehidupan’ ini, tapi TIDAK ADA GAWANG. Seru ga main bolanya? Apakah penonton akan tertarik untuk menyaksikan pertandingan bola TANPA GAWANG tersebut? Pokoknya pemain bola yah hanya main bola saja, tendang sana, tendang sini, tanpa tujuan mencetak Gol. Begitulah kurang lebih gambaran kondisi sesorang yang tidak memiliki GOALS. Hanya hidup begitu-begitu saja. Jalani saja. Orang-orang jalan ke kanan, ikut ke kanan. Orang-orang ke kiri kita ikut ke kiri. Ga ada tujuan. Bagaimana bisa sukses….!!! Faham ? 😀

Terus kita harus bagaimana donk ? 😀

Sebelum kita bahas lebih lanjut, cobalah tanyakan pada diri sendiri, dengan melakukan self-talk, ajukan pertanyaan berikut dan tuliskan jawaban Anda pada kertas atau saya SANGAT SARANKAN Anda memiliki sebuah buku tulis khusus untuk melakukan proses ini. Berikut pertanyaannya:

  1. Apakah saya perlu ‘berubah’ ?
    • Jika Ya, seberapa besar keinginan saya untuk berubah?
  2. Hal apa yang sudah baik pada diri saya?
  3. Hal apa yang perlu diperbaiki pada diri saya?

OK, itu saja dulu pertanyaan atau PR untuk kita. Mari kita renungkan baik-baik dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Kita akan lanjutkan pembahasan ini pada sesi berikutnya.

Bersambung . . . Part #2 >>

Colmar, 25/04/2022 – Spring Time

Kado buat Anda semua 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.