Kunci kombinasi sukses study – Part #3

Semangat Pagi…Mumpung ada waktu malam ini, sambil ditemanin kopi pahit panas, saya mau melanjutkan tulisan ini. Bagi yang belum baca atau terlewatkan bagian sebelumnya, silahkan baca Part #1 dan Part #2 terlebih dahulu. Karena ada beberapa pemahaman dasar dan sedikit tugas yang perlu kita lakukan demi kebaikan diri kita sendiri. 😀

OK…Kita telah menggali ‘values’ dan ‘beliefs ‘ kita masing-masing , baik yang positif ataupun negatif, di dalam pikiran kita pada Part #2 yang lalu.

Nah, sekarang kita apakan ‘values’ dan ‘beliefs’ tersebut ?

Terserah Anda…keputusan ada di tangan Anda. Anda punya ‘full control’ terhadap diri Anda sendiri. Bukan orang tua, bukan kakek-nenek, bukan kakak-adik, bukan Boss/Pimpinan Anda. Jika Anda ingin menjaga ‘values’ dan ‘beliefs” tersebut dan merasa nyaman serta bahagia dengannya…..itu sudah baik buat Anda. Tapi jika sebaliknya, Anda merasa susah, tidak bahagia dengannya, maka hal yang dapat Anda lakukan adalah menghapus dan mengganti ‘values’ dan ‘beliefs’ itu dengan yang baru.

Nah, sebelum kita bahas lebih jauh tentang ‘values’ dan ‘beliefs’, saya akan mengajak teman-teman untuk dapat menggali kedua hal tersebut lebih dalam. Kenapa? Yah, karena ini adalah dasar / fundamental / esensial / akar dari semua perilaku kita, pikiran kita, dan bahkan yang akan menentukan nasib kita.

Ok, kita mulai saja. Kita mulai dari sedikit sejarah dan filsafat. Plato, seorang filsuf ternama pernah menyatakan,

“Kemenangan pertama dan terbaik adalah mengalahkan diri sendiri”.

Salah satu kunci Untuk bisa mengalahkan diri sendiri adalah dengan mengenali diri sendiri. Kalau dalam bahasa Arab isitilahnya “muhasabah” . Manusia, kita termasuk didalamnya, adalah makhluk yang paling sering mentoleransi dirinya sendiri. Betul ?

Nah, apa yang membuat Anda belum mencapai apa yang Anda inginkan antara lain dikarenakan terlalu banyak toleransi pada diri sendiri. Contoh konkritnya adalah sering menunda. Menunda dengan seribu seratus satu alasan. Sehingga penyakit “alasanitis” kronis berada dalam diri Anda. Apakah Anda kenal orang seperti ini? Ataukah Anda kenal baik dengannya?

Hal ini semua dikarenakan tidak adanya tujuan yang kurang jelas tentang apa yang diinginkan. Sekarang yuk kita mulai dengan definisi tujuan hidup kita masing-masing. Coba deskripsikan juga ‘values’ dan ‘beliefs’ yang Anda miliki hingga hari ini. Itulah tugas penting bagian ini.

Jawablah dan tuliskan jawaban Anda untuk memperjelas tujuan Anda, dan tuliskan pada sebuah kertas atau buku khusus Anda.

OK. Kita ketemu lagi pada Part #4 nanti.

Bersambung …

Leave a Reply

Your email address will not be published.