Skip to content

Kunci kombinasi sukses study – Part #4

Bonjour à tous et à toutes. Hallo semuanya…

Comment allez vous? J”espère que vous allez bien? Apa khabar kalian semua? Saya harap kalian baik-baik semuanya. 😀

OK….Kali ini kita akan belajar bahasa Perancis yah…loh…hahaha 😀 😀

OK. Kembali ke laptop. Bagi yang sedang membaca artikel atau tulisan ini, saya sarankan Anda dapat membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya agar dapat mengikuti.

Jika ada pertanyaan, silahkan tulis pertanyaan Anda pada kolom komentar pada setiap artikel atau post. OK ? Kalau tidak ada atau belum ada pertanyaan, maka saya asumsikan Anda sudah mengerti. Karena diam itu seribu arti. Bisa artinya mengerti, faham, bingung, atau ‘blank’ alias ga tau apa-apa…hahaha 😀. Oleh karena itu, saya tetap positive thinking, jadi saya asumsikan Anda faham dan mengerti.

OK. Kali ini saya ingin berbagi 5 aktifitas sangat mudah yang bisa langsung diaplikasikan mulai besok pagi.

  • Bangunlah minimal 1,5 atau 2 jam lebih sebelum tugas rutin pertama Anda. Misal, Anda ada kuliah jam 8 pagi. Maka Anda bisa bangun jam 5 atau jam 6 pagi. Untuk apa ? Untuk menginvestasi pada isi kepala dan mempersiapkan diri kita menjalani hari baru. Investasikanlah maksimal 1 jam pertama untuk hal-hal yang berkualitas, seperti membaca buku yang positif atau yang mendidik, yang spiritual atau buku-buku motivasi. Coba sekarang kita berhitung. Jika kita membaca buku rata-rata 1 jam per hari, maka bisa dipastikan kira-kira 1 buku selesai dalam 1 minggu. Jadi, sekitar 50 buku dalam 1 tahun. Dan jika kita membaca 50 buku per tahun, maka artinya 100 buku dalam 2 tahun, 150 buku dalam 3 tahun, dst. Bagaimana jika 500 buku sudah dibaca dalam 10 tahun? Apakah akan ada perbedaan dalam diri kita ? Apakah kita akan memiliki pengetahuan dan cara dalam menghadapi masalah yang dihadapi? Jika menurut Anda hal ini bernilai positif dan bermanfaat untuk Anda, yuuk, lakukan mulai besok pagi.
  • Tuliskan To do list , agenda, target, sasaran prioritas kita untuk hari baru yang indah ini. Aktifitas ini akan ‘memprogram komputer’ pikiran dan mental kita dalam menjalankan dan mewujudkan apa yang kita inginkan. Nah, coba kita bayangkan apa jadinya hari kita jika kita tidak melakukan hal ini? Sama seperti GPS atau Google Maps. Untuk bisa mencapai titik tujuan, GPS atau Google Maps memerlukan input yang berupa alamat tujuan. Orang yang tidak melakukan aktifitas ini biasanya menganggap bahwa semua hal itu penting dan dia akan berusaha untuk melakukannya semuanya, namun pada akhirnya dia kehabisan waktu, karena tidak akan pernah cukup waktu untuk mengerjakannya. Jadi, jika Anda sekarang tersadarkan dan merasa kegiatan ini penting buat hari ini dan masa depan Anda, yuuk, kita lakukan mulai besok pagi.
  • Fokuskan aktifitas kita pada satu hal secara utuh setiap harinya. Kita bisa membuat klasifikasi kegiatan atau aktifitas berdasarkan prioritas. Misal, denagn memberikan tanda Bintang 5 ( * * * * *) untuk aktifitas yang super paling penting. Bintang 4 ( * * * * ) untuk yang penting, dan seterusnya hingga Bintang 1 ( * ) untuk aktifitas yang tidak penting. Bagaimana menentukan atau mengetahui bahwa suatu aktifitas itu sangat penting atau tidak penting? Sangat mudah. Cukup lihat atau analisa seberapa besar makna dan konsekwensi suatu aktifitas tersebut terhadap kehidupan kita. Biasanya semakin besar makna dan konsekwensinya, maka aktifitas itu sangat penting. Sebaliknya jika tidak memiliki makna dan konsekwensi, maka kegiatan itu tidak penting. Contoh, aktifitas ‘Menyelesaikan studi’, tentunya memiliki makna dan konsekwensi besar pada kehidupan kita. ‘Hangout’ atau nongkrong di Mall atau cafe bersama teman-teman, atau berselancar di Internet atau sosial media, tentunya aktifitas ini tidak memiliki makna dan dampak yang besar terhadap kehidupan. Jadi, tetaplah fokus melakukan aktifitas Bintang 5 hingga selesai. Maka kesuksesan kecil pun bisa kita dapatkan tiap harinya. Masihkah ada keinginan mengerjakan aktifitas Bintang 1 ?
  • Manfaatkan waktu luang kita saat dalam perjalanan atau berkendaraan dengan mendengarkan audio edukasional. Atau bisa juga dengan membaca buku. Jika, misalnya, setiap hari kita berkendaraan menuju tempat kerja/kampus memerlukan waktu 3 jam perhari, maka itu artinya 15 jam per minggu. Alangkah baiknya jika kita merubah atau mengisi waktu perjalanan itu menjadi waktu belajar secara rutin, maka 1 minggu waktu perjalanan itu setara dengan waktu yang diperlukan untuk membaca minimal 2 buku. Kita bisa bayangkan berapa tingkat database pengetahuan dan wawasan kita jika kita rutin mengerjakan aktifitas ini. Jadi, kapan nih akan dimulai aktifitas sederhana ini?
  • Aktifitas sederhana berikutnya adalah, selalu tanyakan 2 pertanyaan ajaib ini kepada diri kita sendiri :
    • Apa saja yang sudah saya lakukan dengan benar?
    • Apa yang akan saya lakukan secara berbeda untuk meningkatkan kualitas diri saya?.

OK,….Itu saja untuk kesempatan kali ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi saya dan yang membacanya.

Bersambung…

Colmar, 29 Nov 2022 – Winter

1 thought on “Kunci kombinasi sukses study – Part #4”

  1. Pingback: Kunci kombinasi sukses study – Part #3 – Abdusy Syarif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *